SUARA INDONESIA MADIUN

Penjualan Hewan Kurban di Pasar Madiun Naik 30 Persen

Prabasonta - 07 June 2023 | 19:06 - Dibaca 1.06k kali
Peristiwa Daerah Penjualan Hewan Kurban di Pasar Madiun Naik 30 Persen
Penjualan hewan kurban kambing dan sapi di Kabupaten Madiun naik 30 persen. ( Foto ; Yoni Setyo Rahmawanto / SuaraIndonesia.co.id )

MADIUN, Suaraindonesia.co.id - Tiga pekan menjelang Idul Adha, penjualan hewan kurban di Pasar Hewan Muneng, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun mengalami lonjakan.

Dari rincian tersebut, penjualan sapi naik hingga 30 persen, sedangkan kambing menuju angka 28 persen.

Salah seorang pedagang sapi, Sukiman mengatakan, meningkatnya permintaan pembeli terhadap hewan kurban berpengaruh pada kenaikan harga.

"Untuk hewan sapi dengan ukuran sedang yang siap kurban sebelumnya 18 juta rupiah per ekor, kini naik harga menjadi sekitar 20 jutaan, dan sapi dewasa ukuran besar kita jual 30 juta rupiah per ekornya," ujar Sukiman.

Sementara itu, penjual kambing, Pardi menyebutkan, kenaikan serupa berlaku untuk harga jual kambing. Dari yang sebelumnya dikisaran 2 juta rupiah, kini sudah tembus harga 3,8 juta rupiah untuk ukuran kambing dewasa siap kurban.

"Menjelang Idul Adha ini penjualan dan harga kambing siap kurban meningkat dibanding hari biasa, untuk kambing dewasa siap kurban kini bisa mencapai harga 3,8 juta rupiah per ekor, namun harga tergantung besar kecil hewan kurban," kata Pardi.

Mendekati Idul Adha membawa berkah bagi penjual kambing. Mereka dapat menjual hewan kambingnya hingga 5 ekor. Selain di pasar, mereka juga mendapat pesanan di luar pasar.

Dari pengakuan para penjual hewan kurban, mereka rutin memberikan minuman aneka jamu-jamuan guna menjaga kebugaran sehingga terhindar dari penyakit.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Prabasonta
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya